MOTTO :

junaidi678.blogspot.com :
TIADA HARI TANPA INOVASI

Kamis, 01 Februari 2024

SDN 12 Padang Besi Dukung Penuh Program Walikota Padang Sehari Beminangkabau

 

Karifan lokal Indonesia merupakan kekayaan yang luar biasa. Namun ketika lembaga pendidikan tidak mengambil peran sebagai bagian yang memberikan edukasi dalam melestarikannya, dikhawatirkan kekayaan itu akan lenyap seiring dengan masifnya budaya luar yang begitu mudah mereka saksikan dari fasilats teknologi dan informasi. Tentu pada giliranya murid tidak mengenal lagi kekayaan budaya bangsa Indonesia yang seharusnya dekat dengan mereka. Kondisi ini memjadi tantangan bagi lembaga
pendidikan untuk melakukan antisipasi hilangnya nasionalisme dan kecintaan generasi alpha dengan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Harapan kita adalah bagaimana generasi alpha ini dimasa yang akan datang, selain dari mampu bersikap terbuka dan menghargai keberagaman global, namun tidak melupakan dan meninggalkan budayanya sendiri yang merupakan warisan kekayaan yang tidak ternilai.

Salah satu Visi kementerian pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila yang salah satu elemennya adalah Berkebinekaan Global. Maknanya adalah menghargai keberagaman yang ada dan tidak menutup diri dari budaya luar. Visi ini menjelaskan bahwa pendidikan harus mengambil peran dalam menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap budaya, baik budaya yang berasal dari internal, maupun yang berasar dari luar.

SDN 12 Padang Besi, sebagai salah satu lembaga pendidikan menyadari tentang peran ini, bagaimana sekolah mampu memebrikan fasilitas terhadap penumbuhkembangan kecintaan terhadap budaya lokal tanpa menutup diri dari perkembangan budaya luar.

Langkah yang ditempuh adalah dengan memperkenalkan serta menerapkan budaya kearifan lokal sehingga mereka mengenal, mengalai dan tentu pada gilirannya akan mencintai budaya mereka sendiri khusunya budaya minangkabau.

Program ini juga menjadi bentuk dukungan SDN 12 Padang besi terhadap program unggulan Walikota padang dengan program Sehari berminangkabau. Tentu tujuannya adalah mngenalkan dan mendekatkan budaya minangkabau itu kepada kehidupan siswa disekolah.

Pelaksanaan kegiatan ini ternyata memberikan kesan yang luar biasa bagi siswa, ketika mendapatkan pengenalan tehadap budaya minangkabau seperti tari minang yang begitu banyak dan sangat menghibur dan ditambah dengan alunan musiknya yang indah, hal ini memberi kesan yang luar biasa bagi siswa tentang budaya kearifan lokalnya sendiri.

Hal ini menjadi kegiatan rutin dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 12 Padang Besi. Harapannya adalah agar budaya keminangkabauan dapat terus lestari dan terjaga oleh generasi-generasi muda pada masa yang akan datang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Aku berfikir Aku ada